Sabtu, 15 Juli 2017

Jenis Pelayanan Kesehatan pada Bayi



Berikut adalah jenis-jenis pelayanan kesehatan pada bayi yang dilakukan oleh pelayanan kesehatan, yaitu sebagai berikut:

a. Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
IMD adalah memberikan pelayanan kesehatan pada anak dengan mendekapkan bayi diantara kedua payudara ibunya segera setelah lahir. memberikan kesempatan bayi menyusui  sendiri segera setelah lahir dengan meletakkan bayi di dada atau perut dan kulit bayi melekat pada kulit ibu (skin to skin contact) setidaknyaselama 1-2 jam sampai bayi menyusui sendiri. (mitaya, 2010 : 23).

Langkah IMD pada persalinan normal (partus spontan):

Suami atau keluarga dianjurkan mendampingi ibu di kamar bersalin
Bayi lahir segera dikeringkan kecuali tangannya, tanpa menghilangkan vernix, kemudian tali pusat diikat.
Bila bayi tidak memerlukan resusitasi, bayi ditengkurapkan di dada ibu dengan kulit bayi melekat pada kulit  ibu dan mata bayi setinggi puting susu ibu. Keduanya diselimuti dan bayi diberi topi.
Ibu dianjurkan merangsang bayi dengan sentuhan, dan biarkan bayi sendiri mencari puting susu ibu.
Ibu didukung dan dibantu tenaga kesehatan mengenali perilaku bayi sebelum menyusu.
Biarkan kulit bayi bersentuhan dengan kulit ibu minimal selama satu jam, bila menyusu awal terjadi sebelum 1 jam, biarkan bayi tetap di dada ibu sampai 1 jam
Jika bayi belum mendapatkan putting susu ibu dalam 1 jam posisikan bayi lebih dekat dengan puting susu ibu, dan biarkan kontak kulit bayi dengan kulit ibu selama 30 menit.

b. Pemeriksaan Bayi Baru Lahir
Pemeriksaan BBL bertujuan untuk mengetahui sedini mungkin kelainan pada bayi. Risiko terbesar kematian BBL terjadi pada 24 jam pertama kehidupan, sehingga jika bayi lahir di fasilitas kesehatan sangat dianjurkan untuk tetap tinggal di fasilitas kesehatan selama 24 jam pertama.

Pemeriksaan bayi baru lahir dilaksanakan di ruangan yang sama dengan ibunya, oleh dokter/ bidan/ perawat. Jika pemeriksaan dilakukan di rumah, ibu atau keluarga dapat mendampingi tenaga kesehatan yang memeriksa.

c. Pencegahan infeksi
Pemotongan tali pusat pada BBL normal dilakukan sekitar 2 menit setelah bayi baru lahir atau setelah penyuntikan oksitosin 10 IU intramuskular kepada ibu hindari pembungkusan tali pusat atau jika di bungkus tutupi dengan kassa steril dalam keadaan longgar, agar tetap terkena udara dan akan lebih mudah kering.

d. Pencegahan hilangnya panas tubuh bayi
Pastikan bayi selalu dalam keadaan hangat dan hindari bayi terpapar langsung dengan suhu lingkungan.

e. Kunjungan Neonatal
Kunjungan neonatan adalah pelayanan kesehatan kepada neonatus sedikitnya 3 kali yaitu:

Kunjungan neonatal I (KN1) pada 6 jam sampai dengan 48 jam setelah lahir
Kunjungan neonatal II (KN2) pada hari ke 3 s/d 7 hari
Kunjungan neonatal III (KN3) pada hari ke 8 – 28 hari

Tags :